Cara Mudah Menulis Resensi Buku Terbaru

Cara Mudah Menulis Resensi Buku Terbaru | Rensensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya. Pengertian tersebut ada di buku karangan Gorys Keraf berjudul “Komposisi”. Karena pembahasan kita kali ini khusus ke resensi buku, maka karya dimaksud adalah sebuah buku.

Tujuan dari resensi buku adalah untuk mengenalkan kepada khalayak pembaca, apakah buku tersebut patut mendapat sambutan atau tidak. Peresensi menjadi semacam public speaker yang menuntun pembaca menemukan intisari dari buku yang diulasnya. Manfaatnya adalah pembaca bisa mempertimbangkan apakah buku tersebut akan cukup dibutuhkan oleh dirinya atau tidak. Jika memang tidak membutuhkannya, maka pembaca bisa mencari buku-buku lain yang lebih penting.

Cara Menulis Resensi Buku
sumber: wikimedia.org
Tips Membuat Resensi Buku
Tidak ada pakem dalam menulis resensi buku. Masing-masing peresensi kadang punya teknik sendiri untuk membuatnya. Beberapa hal berikut ini hanya tips yang boleh jadi penting dibaca oleh Anda yang baru belajar menulis resensi buku:
  • Seorang peresensi harus tahu apa yang menjadi tujuan penulis melahirkan buku tersebut. Poin ini biasanya ada di bagian pengantar buku dan menjadi titik pijak penulis merangkai elemen-elemen tulisannya. Dengan mengetahui tujuan tersebut, peresensi akan memperoleh gambaran penilaian terhadap buku, apakah penulis sudah berhasil mencapai tujuan tersebut atau malah gagal. 
  •  Peresensi harus mengerti segmen pembaca. Cara paling mudah untuk mengetahui tentang hal ini adalah dengan melihat karakter media yang akan dikirimi resensi. Masing-masing media biasanya punya aturan teresendiri mengenai tulisan-tulisan yang layak muat di medianya.
  • Peresensi harus membuat catatan-catatan yang dianggap penting diketahui oleh pembaca. Penilaian ini yang akan membuat pembaca tahu akan kelebihan-kelebihan buku tersebut. Tekniknya bisa dengan memberi stabilo pada kalimat-kalimat penting dalam buku.
  • Peresensi juga bisa mengaitkan momentum-momentum tertentu dengan tema resensinya. Sebagian media menghendaki resensi yang sesuai momentum. Misalnya sekarang lagi heboh-hebohnya “Cicak vs Buaya Jilid III”. Jika ada buku yang berkaitan dengan momentum tersebut, besar peluangnya untuk dimuat media. 
  • Sebagian peresensi juga merasa perlu meletakkan kesalahan-kesalahan teknis dalam sebuah buku yang diresensinya. Informasi ini sebagai referensi kepada pembaca agar menjadi pertimbangan saat membeli buku tersebut.
  • Jangan lupa untuk mencatat data-data primer buku, seperti bulan dan tahun terbit, tebal halaman, penerbit, dll.

(untuk membaca resensi yang saya buat, bisa ke sini atau ke sini)

Demikian beberapa tips dan cara meresensi buku. Hal-hal yang kurang jelas bisa ditanyakan di kolom komentar atau langsung ke halaman kontak. Admin siap berdiskusi dan menimba ilmu dari pembaca yang budiman.
loading...