-->

Cara Mendapatkan Buku Gratis Terbaru

Cara Mendapatkan Buku Gratis Terbaru | Mendapatkan buku gratis adalah dambaan setiap penggila buku, terutama mereka yang kantongnya cekak. Mengoleksi buku bagi mereka orang punya nilai tersendiri. Tak hanya sebagai bahan menambah pengetahuan, namun juga untuk membangkitkan rasa bangga punya warisan untuk anak cucu mereka. Pengetahuan adalah warisan yang tak ternilai harganya. Dan buku adalah salah satu medium mewariskan pengetahuan kepada generasi masa depan.

Memang, sekarang ilmu pengetahuan banyak bermigrasi ke dunia digital. Namun, pesona buku tidak akan pernah memudar. Orang lebih suka menumpuk buku di lemarinya ketimbang menaruh satu tablet yang memuat ribuan bahkan jutaan buku di dalamnya. Meski praktis, tablet kurang bisa diajak untuk memunculkan nuansa akademis dalam rumah.

Karena itu, walaupun sekarang sudah era digital, orang tetap menyukai buku. E-book hanya untuk bahan koleksi saja.

Cara Mendapatkan Buku Gratis Terbaru
sumber gambar: http://jasacopywriting.com
Nah, untuk Anda yang penggila buku, tapi tidak punya cukup uang untuk membelinya, ada baiknya mencoba beberapa tips mendapatkan buku gratis di bawah ini:

Meresensi buku
Meresensi buku adalah cara paling efektif mendapatkan buku gratis. Ada banyak media yang bisa dikirimi resensi, baik online maupun cetak. Jadi kesempatan untuk dimuat sangat besar. Tentu saja dengan syarat kita punya kemampuan menulis.

Memang sebagian media tidak memberikan honor kepada penulis resensi, tapi honor bisa tetap kita terima dari penerbit. Ada beberapa penerbit yang memberikan honor kepada peresensi dengan kriteria media yang memuatnya adalah media nasional atau regional. Jadi, selain mendapatkan buku, peresensi juga mendapatkan honor.

Lalu, dari mana mendapatkan buku yang mau diresensi? Bukankah kita harus beli? Nah, itu dia. Untuk tahap awal kita memang harus mengeluarkan modal. Namun selanjutnya Anda bisa meresensi buku yang dihadiahkan oleh penerbit tersebut.

Ada satu cara kalau tidak mau mengeluarkan modal banyak, yaitu pinjamlah buku baru dari teman Anda. :)

(teknik menulis resensi bisa dilihat di sini dan contoh resensinya ada di sini
 
Ikutlah Kontes
Sekarang sudah banyak bertebaran kontes-kontes yang berhadiah buku, baik kontes blog maupun kontes di media sosial. Macam-macam modelnya, ada yang berupa lomba resensi buku atau sekadar komentar dan sharing di media sosial Facebook dan Twitter.

Untuk mendapatkannya, Anda hanya butuh mencari banyak informasi dari Google maupun media sosial. Biasanya yang lumrah mengadakan kontes seperti itu adalah fans page penerbit buku. Kadang juga penulis yang ingin mempromosikan bukunya di internet.

Hibah Penerbit
Hibah penerbit ini biasanya diperuntukkan kepada perpustakaan-perpustakaan yang mengejukan proposal. Bagi Anda yang mengelola perpustakaan, cara ini bisa ditempuh untuk memperbanyak koleksi buku. Memang tidak semua penerbit mau memberikan hibah buku karena tak mau rugi. Namun, beberapa penerbit menyisihkan beberapa bukunya untuk hibah.

Demikian tiga cara mendapatkan buku gratis terbaru. Semoga bermanfaat buat Anda penggila buku yang berkantong cekak. :)

12 Responses to "Cara Mendapatkan Buku Gratis Terbaru"

  1. ikutan kuis kick andy bisa dapet buku juga lho :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... Betul banget. Terima kasih tambahannya.

      Delete
  2. Salah satu caranya adalah dengan cara minta dari temen haha

    ReplyDelete
  3. kalo yg gratis2 saya juga suka kang xixixii... nanti di coba ah caranya diatas... :)

    ReplyDelete
  4. Wah, saya mah ogah ribet. Beli langsung aja dah. :D

    ReplyDelete
  5. Betul gan...
    Saya juga termasuk pencinta buku. Apalagi jika buku tersebut layak untuk dikoleksi.. Tapi sekarang sejak jaman digital saya sering mendapatkan e-book yang saya cari dan saya koleksi, apalagi jika e-booknya gratis hehehe.

    Tapi walaupun demikian saya tetap memprioritaskan beli buku-buku cetakan. Karena untuk membaca buku tersebut bisa dilakukan kapan saja..

    ReplyDelete
  6. cara pertama, kalo merensi buku kan harus punya bukunya dulu ya? jadi harus beli dulu kan? nah loh, ujung-ujungnya ya tetap beli juga hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya jelaskan di atas. Kalau nggak mau beli buku ya pinjam sama teman. :)

      Delete

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel