loading...

Contoh Paragraf Deskripsi


Contoh Paragraf Deskripsi | Kemarin saya telah membahas tentang pengertian dan contoh paragraf deskripsi. Kali ini saya hanya akan fokus ke contoh saja. Walaupun kemarin sudah saya cantumkan contohnya, tulisan kali ini hanya sebagai pilihan dari contoh yang sudah ada.

contoh paragraf deskripsi
ivanlanin.wordpress.com
Contoh paragraf deskripsi ini saya buat sendiri. Saya coba merangkainya sesuai yang saya pikirkan. Kalau ada yang kurang tepat, mohon dikoreksi. Baiklah, kita langsung ke contoh paragraf deskripsi:
Namanya Mad Congcong. Tubuhnya kekar. Otot-otonya bertimbulan seperti akar tanaman yang kokoh. Matahari telah mengubah warna kulitnya menjadi kecokelatan. Pekerjaan sehari-harinya sebagai pencari bekicot membuat ia harus akrab  berkawan dengan panas matahari.

Nama aslinya Ahmad Faishal. Pemberian dari seorang sesepuh kampung. Tapi orang-orang lebih senang memanggilnya Mad Congcong. Congcong adalah bahasa Madura, artinya bekicot. Karena kesukaannya mencari bekicot, orang-orang lalu suka menyebutnya Mad Congcong.

Pada awalnya ia tidak menghendaki panggilan tersebut. Beberapa orang yang memanggilnya nyaris kena gampar. Namun, kemarahan tersebut justru membuatnya semakin sering dipanggil Mad Congcong. Bosan dengan kondisi demikian, ia biarkan orang-orang tersebut memanggil sesuka hatinya.

Entah kapan mulanya ia tiba-tiba menyahut dipanggil Mad Congcong. Yang jelas, orang kini tidak lagi merasa takut digampar karena memanggilnya seperti itu. Mad Congcong tak lagi risau dengan panggilan yang sebenarnya jauh dari nama aslinya. 

Panggilan itu juga tak menyurutkan semangatnya mencari bekicot. Siang-malam ia datang ke sawah-sawah milik warga. Dengan lampu sorot di kepalanya, ia menyusuri tempat-tempat lembab. Di situ biasanya banyak bekicot bersenda gurau. Mad Congcong akan girang jika bertemu sekawanan bekicot yang sedang berpesta. Ia akan memindahkannya ke keranjang dari anyaman bambu di tangannya.
Bekicot tersebut akan dijual ke pengepul. Harganya berkisar Rp. 25.000,-  per kilo.
Itulah contoh paragraf deskripsi. Semoga dapat membantu.
loading...