-->

Pengertian Editorial (Tajuk Rencana) dan Jenis-Jenisnya

Pengertian Editorial atau Tajuk Rencana dan Jenis-Jenisnya | Anda mungkin pernah mendengar atau membaca editorial/tajuk rencana baik dalam media cetak atau media elektronik. Lalu, apa yang dimaksud editorial?

Teks editorial atau tajuk rencana adalah teks yang berisi pendapat redaksi terhadap suatu isu atau masalah yang sedang aktual. Isu tersebut meliputi masalah politik, sosial, ekonomi yang penting untuk diketahui publik. Teks editorial/tajuk rencana rutin ada di koran atau majalah. Pengungkapan teks ini harus dilengkapi dengan bukti, fakta, maupun alasan yang logis agar pembaca bisa meyakini kebenarannya.

Selain sebagai penyampai informasi kepada masyarakat dalam menyikapi situasi yang sedang berkembang, editorial juga menyampaikan latar belakang berita yang berkaitan dengan kenyataan sosial dan faktor yang memengaruhi dengan lebih menyeluruh.

Tujuan editorial adalah mengajak pembaca untuk turut berpikir dalam masalah yang sedang hangat dibicarakan. Di samping itu pula, memberikan pandangan kepada pembaca terhadap isu yang sedang berkembang.

Sedangkan ciri-ciri teks editorial adalah sebagai berikut:
1. Berupa opini redaksi tentang peristiwa yang sedang hangat dibicarakan
2. Berisi ulasan tentang masalah yang dimuat
3. Biasanya berskala nasional. Berita internasional dapat menjadi editorial apabila berita tersebut memberi dampak nasional
4. Tertuang pikiran subjektif redaksi.

Informasi-informasi yang kita peroleh dari teks editorial bermacam-macam sesuai dengan sudut pandang penulisnya. Editorial yang baik adalah yang memiliki kualitas dan kemanfaatan informasi yang banyak untuk pembaca. Editorial harus membawa rasa kelembagaan atau loyalitas yang berarti media yang seharusnya “berbicara” dalam editorial, bukan sebagai usaha individu.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Tajuk Rencana

Jenis-jenis editorial diantaranya adalah:

1. Menjelaskan atau memaparkan
Tujuan dari editorial ini lebih berupa esai yang berisi penjelasan. Redaksi berusaha untuk menafsirkan atau menginformasikan fakta atau isu yang berhubungan dengan kepentingan masyarakat. Dalam lingkup ini, redaksi sering menggunakan editorial untuk menjelaskan cara media itu menanggapi subjek berita yang sensitif dan kontroversial.

2. Menilai atau mengkritik
Tujuan editorial ini adalah untuk menilai atau mengkritik. Ini editorial konstruktif mengkritik tindakan, keputusan atau situasi sambil memberikan solusi untuk masalah identifikasi.

3. Mengajak atau mempersuasi
Editorial sebagai persuader merupakan tujuan yang ketiga. Tujuan ini terlihat ketika editorial yang mengajak atau menawarkan solusi spesifik untuk suatu masalah yang sedang dihadapi. Maksud dari editorial jenis ini mengajak pembaca untuk segera melihat kepada solusinya, bukan kepada masalah. Dari paragraf pertama, pembaca akan didorong untuk mengambil tindakan dan sikap positif. Salah satu contoh editorial persuasi adalah dukungan terhadap kinerja politik.

4. Pujian
Jenis editorial yang terakhir adalah editorial yang berbentuk pujian. Editorial ini bermaksud untuk memuji seseorang atau organisasi yang telah memiliki prestasi atau kinerja yang baik. Dalam editorial ini pun perlu dicantumkan alasan tertentu mengapa orang atau organisasi pantas untuk dipuji.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian editorial atau tajuk rencana dan jenis-jenisnya. Mudah-mudahan artikel ini bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel