-->

Kapan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1436 H?

Kapan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1436 H? | Itulah pertanyaan yang sering terdengar saat kita berada di penghujung bulan Ramadhan. Penentuan idul fitri seringkali menjadi perbincangan yang hangat. Hal itu disebabkan oleh perbedaan metode penentuan 1 Syawal oleh sejumlah ormas. Ada yang menggunakan metode hisab dan ada pula yang menggunakan ru'yatul hilal. Kedua metode tersebut kadang berbeda hasilnya, sehingga membuat pengikut-pengikut ormas tersebut lebarannya tidak berbarengan.

Pemerintah biasanya menggunakan ru'yatul hilal dalam menentukan 1 Syawal. Di tempat-tempat tertentu diadakan pemantauan lewat teropong untuk melihat apakah hilal sudah terlihat atau tidak. Dari hasil pemantauan itu, kemudian disidangkan oleh beberapa elemen dari Kementrian Agama dan ormas-ormas yang diundang khusus untuk itu.

Apakah penentuan Idul Fitri tahun ini akan berbeda-beda? Kita tunggu nanti malam, apakah sidang isbat akan mengumumkan keputusan seperti itu atau tidak. Nanti malam kita akan melihat hasilnya dan jika seperti tahun-tahun sebelumnya, kita juga akan melihat jalannya sidang tersebut. Sidang biasanya berlangsung selepas shalat Isya.

Selamat berhari raya. Semoga amal kita diterima oleh Allah.

0 Response to "Kapan Lebaran Idul Fitri 1 Syawal 1436 H?"

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel