Apa itu Copywriting?
Bu Indah Juli sedang memberikan materi copywriting. Foto oleh @wahyualam |
Beliau datang untuk mengisi salah satu sesi acara di ulang
tahun Plat-M, komunitas blogger Madura, yang ke-4. Rangkaian acaranya
berlangsung dari tanggal 21 hingga 22 Desember 2013, bertempat di BLC Telkom
dan pantai Jumiang, Pamekasan.
Bu Indah mendapat kesempatan di hari pertama untuk bicara tentang
copywriting. Saya langsung tertarik
dengan materi ini karena tidak jauh dari pekerjaan menulis atau blogging, dunia yang selama ini saya tekuni.
Dari pertemuan tersebut saya mencatat beberapa hal yang saya
rasa amat penting. Pertama, bahwa copywriting
adalah produk jurnalistik masa kini. Model tulisannya berbeda dari
tulisan-tulisan jurnalistik pada umumnya. Jika jurnalistik mainstream lebih cenderung hanya ingin menyampaikan sesuatu, maka copywriting harus juga mempengaruhi
pembacanya. Untuk itu, seorang copywriter
dituntut kreatif. Kreativitas bisa didapat dengan penguasaan kosa kata yang memadai
dan konsep yang matang.
Selain itu, model tulisan juga penting untuk menarik
pembaca. Model-model tulisan humor, misalnya, lebih sering banyak peminatnya
ketimbang tulisan serius dan kaku. Menyelipkan humor dalam tulisan terkadang
dibutuhkan untuk menyegarkan perasaan pembacanya, selain untuk memikat hati
mereka.
Kedua, inti dari copywriting
adalah “menjual”. Barang yang dijual bisa berbentuk produk, bisnis, ide,
dan opini. Di luar negeri, review produk sudah lama dilakukan, namun di
Indonesia baru belakangan. Negeri ini memang selalu terlambat dalam banyak hal,
kecuali dalam berkorupsi. #eh
Ketiga, karena copywriting
adalah “menjual”, maka penulisnya harus paham terhadap target pasar. Untuk itu,
sebelum menulis, copywriter harus
menentukan terlebih dulu siapa yang ingin disasar. Tentu kita tidak bisa
menulis dengan gaya remaja, sementara segmen pasar yang menjadi target adalah
orang-orang dewasa. Kita tidak bisa menjual popok bayi dengan menggunakan
bahasa alay, misalnya.
Secara umum, menurut Reda Gaudimo, beberapa kriteria copywriting adalah menggoda (attention), menarik perhatian (interest), menimbulkan hasrat atau minat
(desire), dan tindakan (action).
Sayang kemarin aku datangnya telat
ReplyDeleteMungkin di lain waktu bisa bertemu beliau lagi, Mas.
DeleteMembaca postingan ini, sepertinya @Plat_M tak salah untuk memilih tema "copywriting" pada acara #4thPlatM kemarin :) hehehe btw, semoga bermanfaat :)
ReplyDeleteBetul sekali, sangat bermanfaat, terutama bagi saya yang awam banget tentang tema ini. :)
DeleteTulisan yang bagus, senang sekali sharing kemarin bermanfaat, terima kasih sudah menyimak dengan tekun :)
ReplyDeleteAku sharing ya tulisannya.
Sama-sama, Bunda. Silahkan kalau mau disharing. :)
Delete