-->

Persyaratan yang Harus Dimiliki Seorang Editor

Persyaratan yang Harus Dimiliki Seorang Editor | Apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang editor? Kalau iya, berarti tulisan ini sangat cocok untuk Anda baca. Tidak semua orang bisa menjadi editor, sebab ada beberapa kemampuan khusus yang harus dikuasai oleh editor. Seorang editor, kalau boleh dikata, harus lebih pintar daripada penulis. Jika penulis hanya bertugas untuk menuangkan ide dan gagasannya  dalam tulisan, sementara editor harus lihai menjadikan tulisan tersebut menjadi lebih baik, menarik, dan enak dibaca. Jadi, lebih berat tugas editor, bukan?

Lalu, apa saja persyaratan (kemampuan)  yang harus dimiliki seseorang sebelum memutuskan menjadi editor? Berikut ulasannya.

1. Menguasai ejaan
Menguasai ejaan merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki seorang editor, sebab penyuntingan naskah selalu   berurusan dengan soal-soal itu. Ia harus paham benar tentang ejaan yang disempurnakan, seperti penggunaan tanda baca, huruf kapital, pemenggalan kata, singkatan, dan lain sebagainya. Bagaimana mungkin seorang penyunting bisa memperbaiki naskah kalau ia tidak menguasai seluk-beluk ejaan bahasa Indonesia?

2. Menguasai tatabahasa
Selain ejaan, seorang editor juga harus punya kapasitas di bidang tatabahasa, yakni semua hal yang menyangkut kata dan kalimat. Jadi, editor harus tahu kalimat yang baik dan benar, kata-kata baku, diksi, dan sebagainya.

3. Memiliki pengetahuan luas
Penyunting naskah dituntut memiliki pengetahuan yang luas. Ia harus banyak membaca buku, majalah, surat kabar, dan menyerap informasi dari media audiovisual, sehingga ia tidak ketinggalan informasi.

4. Memiliki ketelitian dan kesabaran
Kesabaran dan ketelitian memang harus dimiliki penyunting naskah. Meskipun tubuh terasa lelah, penyunting naskah tetap dituntut untuk sabar dan teliti. Kalau tidak, bisa jadi di kemudian nanti ada hal-hal yang dapat merugikan penerbit, misalnya masih terdapat kata atau kalimat yang kurang benar dan lupa disunting.

5. Bersahabat dengan kamus
Seorang penyunting naskah tidak mungkin menguasai semua kata dalam satu bahasa tertentu. Belum lagi kalau dihadapkan dengan bahasa asing. Oleh sebab itu, seorang penyunting harus akrab dengan kamus, baik KBBI ataupun kamus  bahasa asing.

6. Memiliki kepekaan bahasa
Maksud di sini adalah penyunting harus peka dan tahu mana kalimat yang kasar dan kalimat yang halus, mana kalimat yang perlu dipakai dan kalimat yang perlu dihindari.

7. Memiliki kemampuan menulis
Seorang penyunting naskah juga perlu memiliki kemampuan menulis, sebab dalam pekerjaannya, penyunting naskah juga bertugas menulis sinopsis dan biografi penulis. Lagi pula, kalau tidak bisa menulis, mana mungkin ia tahu menulis kalimat yang benar. Tentu ia akan kesulitan memperbaiki tulisan orang.


Baca juga: Pengertian, Unsur-Unsur, dan Cara Menulis Proposal

Beberapa persyaratan yang telah disebutkan di atas, paling tidak harus dimiliki oleh orang yang ingin menjadi editor. Walaupun mungkin masih ada kemampuan-kemampuan lain yang mesti dikuasai oleh calon editor. Wallahu a`lam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel