Pengertian, Struktur, dan Contoh Surat Niaga

Pengertian, Struktur, dan Contoh Surat Niaga | Surat niaga juga disebut dengan istilah surat dagang. Surat niaga adalah surat yang isinya berhubungan dengan kepentingan-kepentingan perniagaan atau perdagangan. Surat niaga dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan atau organisasi dalam rangka menjalankan kegiatan usahanya seperti surat penawaran barang, surat permintaan barang, surat perjanjian jual beli dan sebagainya.

Macam-Macam Surat Niaga
Ada berapa jenis surat niaga berikut ini di antaranya:

A. Surat Penawaran Barang
Surat penawaran barang adalah surat yang dibuat oleh penjual untuk memberitahukan tentang barang atau jasa yang akan dijual dengan segala keterangannya kepada calon pembeli. Surat penawaran bisa dibuat atas nama atau inisiatif pihak pemilik barang bisa juga karena adanya permintaan dari calon pembeli.

B. Surat Permintaan Barang Barang atau Pesanan
Surat permintaan barang adalah surat yang dikirim oleh calon pembeli kepada penjual dengan maksud memesan barang yang ditawarkan oleh pihak penjual.

C. Surat Perjanjian
Surat perjanjian adalah surat yang berisi kesepakatan yang dibuat oleh dua pihak baik individu maupun organisasi. Surat tersebut berisi pernyataan secara tertulis mengenai hak dan kewajiban kedua belah pihak.

Contoh Surat Niaga
Berikut ini salah satu contoh surat dagang (surat penawaran)

Baca Juga: Metode Penyerapan Bahasa Asing ke Bahasa Indonesia

PT TIRTA YASA
Jalan Manggis Raya Nomor 55 Jakarta Pusat
Telepon (021) 736452
___________________________
Nomor: 098/TY/V/2017                    17 Juli 2017
Lampiran: 1 (satu) berkas
Perihal: Penawaran Alat-Alat Kantor

Dengan hormat,
Seiring dengan majunya perkembangan teknologi saat ini, kami PT Tirta Yasa yang bergerak dibidang alat-alat elektronik berkualitas tinggi ingin mengajak Anda untuk memanfaatkan peralatan-peralatan yang canggih sebagai sarana penunjang kelancaran di perusahaan Anda, sehingga dapat lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas secara optimal.

Terkait hal tersebut kami menawarkan barang elektronik seperti laptop, komputer, dan printer dari berbagai merek. Kami juga memberikan diskon menarik, baik untuk pembayaran secara tunai maupun kredit.

Bersama ini, kami juga melampirkan brosur untuk masing-masing peralatan lengkap dengan daftar harga dan cara pembayarannya. Bila Anda berminat silahkan hubungi kami dan kami siap melayani. Kepuasan konsumen selalu menjadi prioritas utama kami.

Demikian surat penawaran dari kami. Atas perhatian dan kerjasama Anda kami mengucapkan terima kasih.

Hormat kami,
TTD

Hartono SM
Manager Pemasaran

Struktur Surat Niaga

Berdasarkan contoh surat di atas dapat diketahui bahwa struktur atau unsur-unsur surat niaga adalah sebagai berikut:
  • Kop surat
  • Nomor surat
  • Lampiran
  • Perihal
  • Tanggal surat
  • Alamat surat
  • Salam pembuka
  • Isi surat (pendahuluan, inti, dan penutup)
  • Salam penutup
  • Tanda tangan pengirim surat
  • Jabatan pengirim surat
Demikianlah artikel tentang pengertian, struktur, dan contoh surat niaga. Semoga pembaca mendapatkan pemahaman mengenai tema tersebut setelah membaca ulasan dari kami. Pantau terus untuk mengetahui update terbaru artikel-artikel dari kami.
loading...