-->

Pengertian dan Contoh Sinonim

Pengertian dan Contoh Sinonim | Materi belajar kita hari ini adalah tentang pengertian dan contoh sinonim. Istilah ini mungkin tidak asing lagi bagi kita karena di sekolah tingkat dasar sudah ada pelajaran tersebut. Namun, tak ada salahnya kita coba mengingat-ingat kembali pelajaran tersebut, siapa tahu ada yang lupa.

Nah, materi ini saya ambil dari buku “Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi” karangan E. Zaenal Arifin dan S. Amran Tasai (Akapress, 2010). Bila Anda ingin belajar lebih mendalam tentang tata bahasa, Anda bisa membeli buku tersebut.

Pengertian Sinonim

Dalam buku tersebut dijelaskan bahwa sinonim adalah dua kata atau lebih yang pada asasnya mempunyai makna yang sama, tetapi bentuknya berlainan. Kesinoniman kata tidaklah mutlak, hanya ada kesamaan atau kemiripan.

Sinonim ini dipergunakan untuk mengalih-alihkan pemakaian kata pada tempat tertentu sehingga kalimat itu tidak membosankan. Dalam pemakaiannya bentuk-bentuk kata yang bersinonim akan menghidupkan bahasa seseorang dan mengkonkretkan bahasa seseorang sehingga kejelasan komunikasi (lewat bahasa itu) akan terwujud. Dalam hal ini pemakai bahasa dapat memilih bentuk kata mana yang paling tepat untuk dipergunakannya, sesuai dengan kebutuhan dan situasi yang dihadapinya.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Paragraf Persuasi

Contoh Sinonim

Kita ambil contoh cerdas dan cerdik. Kedua kata itu bersinonim, tetapi kedua kata tersebut tidak persis sama benar.

Kata-kata lain yang bersinonim ialah
Agung, besar, raya
Mati, mangkat, wafat, meninggal
Cahaya, sinar
Ilmu, pengetahuan
Penelitian, penyelidikan

dan lain-lain.

Kesinoniman kata masih berhubungan dengan masalah makna denotatif dan konotatif suatu kata.

Nah, itulah sekilas mengenai pengertian dan contoh sinonim. Semoga artikel singkat ini bisa bermanfaat untuk Anda yang mempelajari tetang struktur bahasa Indonesia. Untuk memesan tema artikel, Anda bisa mengirim email via kontak di menu navigasi. Salam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel