Pengertian dan Contoh Kata Konkret dan Kata Abstrak

Pengertian dan Contoh Kata Konkret dan Kata Abstrak | Di blog ini sudah banyak sekali saya jelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan bahasa Indonesia. Blog ini memang didedikasikan untuk penyebaran pengetahuan tentang bahasa Indonesia. Kali ini yang akan dibahas adalah tetang pengertian kata konkret dan kata abstrak. Masih seperti pada beberapa artikel yang lain, tulisan ini juga diambil dari buku “Cermat Berbahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi” karangan E. Zaenal Arifin dan S. Amran Tasai (Akapress, 2010).

Pengertian kata Konkret dan Kata Abstrak

Kata konkret adalah kata yang acuannya semakin mudah dicerap pancaindera. Dan kata abstrak adalah kata yang acuannya tidak mudah dicerap pancaindera.

Baca Juga: Pengertian dan Contoh Diksi

Kata abstrak digunakan untuk mengungkapkan gagasan rumit. Kata abstrak mampu membedakan secara halus gagasan yang bersifat teknis dan khusus. Akan tetapi, jika kata abstrak terlalu diobral atau dihambur-hamburkan dalam suatu karangan, karangan itu dapat menjadi samar dan tidak cermat.

Contoh Kata Konkret dan Kata Abstrak

Contoh kata konkret: meja, rumah, mobil, air, nasi, kelapa, dan sebagainya.
Contoh kata abstrak: ide, kesibukan, gagasan, keinginan, angan-angan, kehendak, perdamaian, demokrasi, kejujuran, dan sebagainya.

Itulah sekilas mengenai pengertian dan contoh kata konkret dan kata abstrak. Walau hanya sekilas saja pembahasannya, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk kita yang sedang belajar menganai tata bahasa Indonesia. Pantau terus blog ini untuk mengetahui artikel-artikel terbaru tentang tata bahasa Indonesia.
loading...