Makna dan Cara Menggunakan Partikel Adi, Antar, Pra, dan Pasca

Makna dan Cara Menggunakan Partikel Adi-, Antar-, Pra-, dan Pasca- | Di dalam bahasa Indonesia ada dua macam jenis partikel, yaitu partikel yang berasal dari bahasa Indonesia asli dan partikel yang berasal dari serapan dari bahasa asing. Partikel-partikel yang berasal dari bahasa Indonesia asli, yaitu  -lah, -tah, -kah, dan -pun. Sedangkan yang berasal dari serapan asing, yaitu adi-, antar-, pra- dan pasca-. Masing-masing parikel memiliki makna dan cara penggunaan yang berbeda-beda.

Berikut ini akan dijelaskan mengenai makna dan cara penggunaan partikel adi-, antar-, pra-, dan pasca-.

Penggunaan Partikel adi-
Partikel adi- berasal dari bahasa Sanskerta yang berfungsi sebagai pembentuk kata benda atau nomina. Arti yang ditimbulkan oleh partikel adi- adalah besar, kuat, agung, andalan, unggul. Contoh: adi + kuasa = adikuasa: kuasa yang kuat, adi + daya = adidaya: daya atau kuasa yang kuat, adi + buah = adibuah: buah andalan.

Penggunaan Partikel antar-
Partikel antar- berasal dari bahasa Inggris inter- yang berarti sekitar atau hubungan. Ia berfungsi sebagai pembentuk kata keterangan atau adverbia. Contoh: antar + daerah = antar daerah, antar + provinsi = antarprovinsi

Penggunaan Partikel pra-
Partikel pra- berasal dari bahasa Sanskerta yang berfungsi sebagai pembentuk kata keterangan atau adverbia. Partikel pra- memiliki makna sebelum. Contoh: pra + panen = prapanen: sebelum panen, pra + sejarah = prasejarah : sejarah sebelum orang mengenal budaya tulis.

Penggunaan Partikel pasca-
Partikel pasca- juga berasal dari bahasa Sanskerta. Ia berfungsi sebagai kata keterangan atau adverbia dan memiliki makna sesudah. Contoh: pasca + panen = pascapanen : sesudah panen, pasca + sarjana = pascasarjana : sesudah sarjana, pasca + perang = pascaperang : sesudah perang.

Demikianlah artikel Makna dan Cara Menggunakan Partikel Adi-,Antar-, Pra-, dan Pasca-. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang mempelajari tata bahasa Indonesia. Ikuti terus perkembangan tulisan terbaru di Blogger Jaddung untuk mengetahui informasi-informasi mengenai tata bahasa Indonesia.
loading...